Frequently Asked Questions (F.A.Q.)

Sebelum bertanya lebih jauh, ada baiknya simak daftar pertanyaan-jawaban di bawah ini;

Tanya: Diklatsar itu apa sih?
Diklatsar adalah kepanjangan dari Pendidikan dan Latihan Dasar. Sesuai namanya, kegiatan ini merupakan rangkaian penerimaan anggota baru untuk menjadi relawan Palang Merah Indonesia unit Perguruan Tinggi, yang terdiri dari pendidikan (pemberian materi) dan latihan (simulasi/praktik) sesuai kurikulum pendidikan dasar Palang Merah Indonesia.

Tanya: Kapan pendaftarannya?
Pendaftaran (pengambilan formulir) dibuka mulai 11 Februari - 24 Maret 2013. Pengembalian Formulir (registrasi ulang) dibuka sejak pendaftaran dimulai dan paling lambat tanggal 25 Maret 2013 pukul 10:00 pagi.

Tanya: Formulir pendaftaran bisa diambil di mana?
Kami menyediakan 2 posko pendaftaran, posko pertama berada di sekitar lapangan volley depan fakultas Syariah kampus II UIN Alauddin Makassar, Samata, Kab. Gowa. Sedangkan  posko kedua berada di Gedung Poliklinik lama samping masjid Kampus I UIN Alauddin  Makassar. Pelayanan dibuka mulai sekitar pukul 08:00 - 16:00 wita.

Tanya: Apa saja kelengkapan/lampiran yang harus dipenuhi untuk registrasi ulang?
Semuanya tertulis di formulir peserta kok :)
• Pas Foto warna terbaru ukuran 2X3 2 lembar & 3X4 2 lembar
• 1 lembar  fotokopi bukti pembayaran SPP Terakhir
• 1 lembar fotokopi kartu mahasiswa
Semua lampiran dikumpul bersama formulir yang telah diisi dalam map berwarna merah.

Tanya: Apakah setelah mendaftar akan otomatis menjadi anggota?
Belum tentu. Ada beberapa fase yang harus dilalui oleh calon peserta seperti test kondisi kesehatan dan wawancara. Yang utama adalah, mengikuti dan melulusi seluruh materi yang diberikan pada saat proses pendiklatsaran. Setiap materi akan dievaluasi dalam bentuk test per-peserta.

Tanya: Kapan pelaksanaan kegiatannya?
Pelaksanaan kegiatan terbagi atas kegiatan Indoor dan Kegiatan Outdoor. Kegiatan indoor berlangsung pada tanggal 08-14 April 2013 dan berlokasi di Kampus 2 UIN Alauddin Samata, Kab. Gowa.  Sedangkan kegiatan outdoor berlangsung pada tanggal 18-21 April 2013 dan berlokasi di Dusun Balang Ajia, Desa Samangki, Kab. Maros.

Tanya: Berapa kontribusi yang harus dibayarkan oleh tiap peserta?
Mengenai nominal pastinya, itu akan dibahas langsung di depan peserta secara transparan pada saat Technical Meeting tanggal 29 Maret 2013.